Perlunya cek tekanan darah secara teratur

admin
Tekanan darah itu apa ya? taukah Anda pengertian tekanan darah? coba simak percakapan singkat di bawah ini:

Susi: "Kamu sudah tahu belum, kemarin Rika masuk rumah sakit?"
Dian: "Oh ya? Sakit apa dia?"
Susi: "Saya belum tahu banyak, tapi saya dengar tekanan darahnya rendah.."

Percakapan seperti di atas mungkin sering kita dengar namun juga kita acuhkan. Walau terkesan sepele, sebenarnya urusan tekanan darah bisa menyebabkan penyakit.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut serba-serbi tekanan darah dan apa hubungannya dengan kondisi kesehatan, kenali lebih dalam pemaparannya, seperti dilansir Ehow.


Apa arti tekanan darah?
pentingnya periksa tekanan darah, fungsi dan manfaat tekanan darah, cara memeriksa tekanan darah
Tekanan darah (Blood Presure/BP) yakni mengukur tekanan di dalam pembuluh darah dan arteri. Terdapat dua hal yang signifikan berhubungan dengan tekanan darah. Yang pertama adalah sistolik dan yang kedua adalah diastolik.

Diastolik adalah tekanan yang dihasilkan jantung ketika mendorong darah ke dalam arteri. Sedangkan sistolik adalah tekanan yang dibuat sebagai arteri menahan aliran darah.

Faktor apa saja yang bisa memengaruhi tekanan darah?
Tekanan darah dapat berubah tergantung pada apakah seseorang berbaring atau berdiri. Aktivitas fisik maupun emosi dapat pula mempengaruhi tekanan darah.

Apa ukuran tekanan darah kita baik atau tidak?
Stabilitas tekanan darah dilihat dari angka-angka. Asosiasi Jantung Amerika menetapkan angka 120 hingga 80 ke bawah menandakan bahwa tekanan darah normal. Sedangkan angka dari 120-139 dan atau 80-89 merupakan gambar bahwa tekanan darah mengalami pra-hipertensi. Dan bila tekanan darah kita berada di angka 140 hingga 9

Apa dampak dari tekanan darah tinggi?
Orang yang menderita tekanan darah tinggi memiliki kecenderungan terkena risiko serangan jantung dan ataupun stroke lenih tinggi daripada yang tidak. Mereka pun lebih berkemungkinan mengalami gagal ginjal atau organ lainnya.

Bagaimana menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan sehat?
Agar tidak terjadi masalah dengan tekanan darah, kita dapat menjaganya agar terus dalam keadaan stabil dan sehat dengan makan secara sehat, seperti diet rendah sodium yang kaya buah dan sayuran. Serta jangan lupa untuk berolahraga untuk menurunkan risiko terkena masalah tekanan darah terkait.

Apakah perlu mengecek tekanan darah secara teratur?
Tekanan darah harus diperiksa oleh dokter atau perawat setidaknya dua kali setahun karena hal-hal yang terkait dengan penyebab komplikasi tekanan darah sering tidak terlihat sampai penyakit datang dan mengancam nyawa. sumber
Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar